Urusan Ini, Werder Bremen Sejajar Tiga Besar Bundesliga

BINTANGNYA BOLA – Bundesliga musim 2019-2020 akhirnya tuntas digelar. Kick-off laga-laga terakhir musim ini dimulai serentak di sembilan stadion, Sabtu, 27 Juni 2020, malam WIB.

Ketika peluit panjang wasit terdengar di sembilan stadion tersebut menjadi tanda berakhirnya pertandingan, tercatat total 34 gol tercipta pada pekan terakhir musim ini.

Tiga puluh empat gol pada pekan ke-34 menjadi torehan gol terbanyak sejak Bundesliga kembali digelar setelah rehat akibat pandemik Covid-19. Jumah gol pada pekan ke-34 menyamai total gol yang terjadi pada pekan ke-12 dan ke-18. Walau demikian catatan di tiga pekan tersebut masih satu gol dibawah pemandangan pekan ke-10 yang menghasilkan 35 gol.

Dari 34 gol yang terjadi tadi malam, duel antara Werder Bremen kontra FC Koln di Stadion Wohninvest-Wesser menjadi laga yang paling banyak menghasilkan gol.

Tercatat ada tujuh gol yang tercipta pada laga tersebut. Die Werderaner, julukan bagi Werder Bremen sukses meraih tiga poin dari tim tamu. Kemenangan tersebut membawa tim yang pernah empat kali menjadi yang terbaik di Liga Jerman terhindar langsung dari degradasi.

Walaupun masih harus menghadapi FC Heidenheim 1846 dalam babak play-off promosi-degradasi, paling tidak kemenangan atas FC Koln di laga pamungkas membuat pasukan Florian Kohfeldt masih punya peluang untuk bisa bertahan dan berlomba di kasta tertinggi Liga Jerman musim mendatang.

Lupakan sejenak laga promosi-degradasi tersebut ! Kemenangan yang diraih Werder Bremen atas FC Koln menjadikan tim yang terakhir kali menjadi juara Bundesliga pada musim 2003-2004 ini boleh berbangga hati.

Walaupun hanya bertengger di peringkat tiga dari bawah pada akhir musim, Werder Bremen punya prestasi yang sama dengan Bayern Munich, Borussia Dortmund dan RB Leipzig yang notabene tiga besar Bundesliga musim 2019-2020.

Hanya punggawa tiga tim tiga besar plus Si Putih-Hijau, Werder Bremen yang musim ini paling tidak satu kali sanggup membobol jala gawang lawan lebih dari lima gol dalam duel 2 x 45 menit di ajang Bundesliga. Hanya empat dari 18 kontestan Bundesliga musim 2019-2020 yang mampu menorehkan capaian tersebut.

Sebelumnya, Borussia Dortmund menjadi tim terakhir yang mampu mencetak lebih dari lima gol ke gawang lawan. Si Kuning-Hitam mengalahkan tuan rumah SC Paderborn 07 dengan skor 6-1 pada pekan ke-29. Pada laga di penghujung bulan Mei silam tersebut, Jadon Sancho menjadi bintang dengan mencetak tiga gol.

Sementara Die Bullen alias The Bulls julukan bagi RB Leipzig bahkan tercatat sebagai tim Bundesliga musim ini yang mampu mencetak gol terbanyak dalam sebuah pertandingan. Trigol dari Timo Werner mewarnai kemenangan delapan gol tanpa balas RB Leipzig atas tamunya, Mainz 05 pada pekan ke-10.

Sebelum dibobol lebih dari lima gol oleh Timo Werner dkk, gawang Mainz 05 juga enam kali dijebol Bayern Munich pada pekan ketiga. Kemenangan 6-1 yang diraih Thomas Mueller dkk atas Mainz, menjadikan Die Roten menjadi tim pertama musim ini yang mampu mencetak lebih dari lima gol ke gawang lawan.